Kamis, Oktober 25

Custumer Abadi

kalau saya boleh sebut, maka saya sebut custumer abadi, apakah custumer abadi?
menurut saya custumer abadi itu, seorang custumer yang di klaim oleh seller/sales, bahwa custumer tersebut merupakan pelanggan seller/sales seumur hidupnya, kemanapun si pelanggan tersebut  membeli, dia akan di "ikuti" oleh seller/sales tersebut.

nah gara-gara istilah tersebut di atas ( saya sebut demikian ) jasa saya yang independent, merupakan variasi & accessories mobil di surabaya, jadi "macet" hanya karena ulah sales mobil yang seenaknya mengklaim bahwa si A ( sebut saja demikian ) merupakan pelanggan si sales tersebut, dan hanya si sales yang berhak atas semua harga di pasaran.

Kronologis cerita nya begini
sudah menjadi kebiasaan saya kalau berjualan variasi & accessories mobil, terutama kaca film 3M, ada juga llumar ( sekarang mencoba V-kool ) secara on line, di situs manapun saya selalu mencoba peruntungan melalui iklan on line.
suatu hari ada sms masuk yang menanyakan produk Paket Anti Karat, dan kaca film 3M yang garansi resmi untuk mobil suzuki ertiga, dengan sigap saya balas sms tersebut dengan nominal harga, untuk paket anti karat saya patok harga Rp1.250.000,- dan kaca film 3M black stallion 5 ( 80% ) dengan harga Rp1.450.000,- sudah termasuk ongkos pasang, dan di respon positif oleh ( calon ) custumer dengan menanyakan nama, alamat pengerjaan ( bengkel maksudnya ), saya balas sms tersebut secara detil.
Selang beberapa hari kemudian,kira-kira hampir 1 minggu, ketika saya tugas luar, saya di telp oleh marketing yang memberitahukan bahwa saya telah men"curi" pelanggan dari sales mobil, jelas saya kaget, saya membuat iklan jasa independent, tidak ada hubungannya dengan pihak manapun kok di tuduh telah men"curi" pelanggan orang lain, kemudian saya coba hubungi ( calon ) custumer si A, mencoba menanyakan perihal masalah tersebut, dan tidak di sangka ternyata si A pelanggan tersebut memberikan informasi dari saya kepada sales mobil tersebut, sekarang saya paham, ternyata informasi semua yang saya berikan "dibocorkan" kepada sales tersebut, saya tidak tahu motifnya apa? yang jelas saya tidak rugi, saya masih bisa mencari pelanggan yang lain, dan si pelanggan tersebut akhirnya harus membayar penuh.

Total yang harus di bayar pelanggan tersebut total adalah Rp3.300.000,- yang terdiri dari Rp1.500.000,- untuk harga Paket Anti Karat, dan Rp1.800.000,- untuk harga kaca film 3M black beauty 5 ( 80% ) , beda harga yang sangat jauh sekali di bandingkan dengan harga yang saya berikan dengan total adalah Rp2.700.000,- sudah termasuk ongkos pasang.

Pelajaran yang dapat di ambil dari cerita ini adalah :
*jangan pernah membagikan info dari saya kepada sales mobil, atau penjual lain
*selalu cek harga dengan pihak ketiga
*cek juga yang namanya ke aslian produk
*jangan pernah langsung percaya dengan janji-janji manis

saya rasa cukup sekian saya memberikan "curhat" atau lebih tepatnya cerita nyata tentang perangkap custumer abadi , cerita ini bisa anda sebar atau di bagi-bagi dengan keluarga, atau teman, dan relasi anda, agar anda bisa bebas leluasa, memilih harga dan produk yang sesuai dengan budget dan selera anda

berikutnya akan saya posting tentang trik gelap para sales

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.